Jumat, 25 Maret 2016

SEKILAS DESA MANGUNAN

 SEKILAS DESA MANGUNAN

Desa mangunan terletak di kecamatan Imogiri kabupaten bantul dengan batas wilayah sebelah utara Desa Wukirsari, sebelah selatan Desa Sriharjo, sebelah timur Desa Muntuk dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Girirejo.
        Struktur Kepengurusan Aparat Desa Mangunan terdiri dari Kepala Desa (Lurah) yaitu Bapak Poniyat, Sekretaris Desa yaitu Ngudisiswanto, Kepala Urusan Pemerintahan yaitu Bapak Widodo, Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat yaitu Bapak Supandi, Kepala Urusan Umum yaitu Bapak Suroto, Kepala Urusan Keuangan yaitu Slamet Purnomo. Sementara, untuk jabatan Kepala Urusan Pembangunan dan Kepala Urusan Pemberdayaan Masyarakat belum ada yang menduduki. Sedangkan untuk jabatan Ketua Badan Permusyawaratan Desa diduduki oleh Sujar Hartono, S.Pd.
         Desa Mangunan berada di wilayah dataran tinggi dengan topografi wilayah yang berbukit-bukit seluas 548.4000 m2 dengan rincian penggunaanya sebagai berikut: pemukiman Desa Mangunan seluas 177.2000 m2, luas persawahan 73.0000 m2, luas perkebunan 41.2000 m2, luas area pemakaman  1.2500 m2, luas pekarangan  252.4500 m2, luas perkantoran 5000 m2 dan luas prasarana umum lainnya seluas 2.8000 m2.
         Desa yang terletak 26 km dari ibu kota provinsi D.I. Yogyakarta ini dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 1,5 jam. Mayoritas keluarga di desa ini memiliki tanah pertanian. Dengan Komoditi tanaman yang ditanam di Desa Mangunan mayoritas antara lain jagung, ubi kayu, padi sawah, padi ladang, kacang tanah dan kacang kedelai. Selain dijual ke pasar, hasil tanaman pangan tersebut juga dijual melalui Koperasi Unit Desa, pengecer dan tengkulak. Adapun tanaman apotik hidup yang ditanam di desa ini, yaitu jahe, kunyit, dan lengkuas. Selain itu, masyarakat desa ini juga memiliki komoditas perkebunan, yaitu kelapa dan karet yang dijual melalui tengkulak dan pengecer.
      Hasil hutan mayoritas di desa mangunan antara lain kayu, jati, mahoni, madu lebah dan arang. Hasil hutan tersebut dijual melalui tengkulak atau pengecer.
      Masyarakat Desa Mangunan juga memiliki ternak ayam kampung, sapi, dan kambing. Selain itu, ada pula masyarakat desa yang memiliki usaha madu lebah dan kerajinan tangan dari kayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar