Sabtu, 26 Maret 2016

KERAJINAN UNIK MANGUNAN


KERAJINAN UNIK DI MANGUNAN 


Kerajinan tangan yang ada di Dusun Lemahbang, Mangunan, Dlingo, Bantul ini didominasi oleh kerajinan rangka keris. Rangka keris merupakan kerajinan unik nan indah yang termasuk dalam salah satu senjata pusaka asli Jawa. Kerajinan ini merupakan hasil kebudayaan leluhur yang diturunkan secara turun temurun dari generasi ke generasi.
Rangka keris ini memiliki arti filosofis dalam setiap detail dan ukirannya. Di desa wisata Lemahbang, wisatawan dapat belajar mengenai proses pembuatan, pengenalan jenis kayu yang bagus, dan pemasangan hingga terwujud keris komplit dengan aksesorisnya. Bahan kerajinan rangka keris ini mudah diperoleh yaitu dari kayu bahan bakar, besi, dan kuningan, tidak seperti meubel yang bahan bakunya mahal.
Salah satu pengrajin rangka keris di dusun Lemahbang adalah Pak Ponikin. Setiap tahun Pak Ponikin mengirim 600 rangka keris per bulan ke luar negeri. Tiap rumah rata-rata mempunyai keterampilan membuat rangka keris, lebih kurang 25 pengrajin tersebar di Lemahbang. Para pengrajin dapat menerima pesanan grosir dan eceran. Harga ecerannya adalah Rp100.000,- sampai jutaan per rangka keris tergantung kualitas dan tingkat kesulitan pembuatannya. Karyawan Pak Ponikin adalah tetangganya sendiri sebanyak 3 orang. Pembuatan rangka dapat secara manual. Rangka keris yang dibuat termasuk dalam kualitas sedang dengan harga yang terjangkau. Rangka keris selain sebagai hiasan busana perinikahan bisa juga untuk hiasan interior. Pemasaran belum ada di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain, pak Ponikin hanya menggunakan BBM sebagai media sosial untuk pemasaran, sehingga masih sangat terbatas jangkauannya.
Kerajian lain adalah peralatan dapur dari anyaman bambu, namun belum dapat berkembang dengan maksimal. Hasil kerajinan terdiri dari tampah, kipas, tambir, kalo, tomblok dan lain-lain. Harga kerajinan tersebut harganya sangat terjangkau. Wisatawan dapat langsung membeli ke pengrajin, juga dapat belajar membuat sendiri untuk menganyam aneka motif kerajinan tangan. Harapan Pak Ponikin sebagai salah satu pengrajin rangka keris di Dusun Lemahbang adalah semakin berkembangnya usaha kerajinan rangka keris dan banyak wisatawan yang datang ke desa, baik dari lokal maupun luar daerah bahkan luar negeri sehingga dapat menambah penghasilan warga dan memajukan Desa Wisata Lemahbang. 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar